Tips dan Trik Mudah Atasi iPhone dan iPad Lemot

iPhone dan iPad merupakan perangkat elektronik yang diproduksi dengan menghadirkan teknologi terbaru. Tetapi seperti perangkat elektronik lainnya, adakalanya perangkat besutan Apple tersebut menemui masalah yang membuat kinerja iDevices melambat atau pun nge-hang.

Untuk mengatasi kaejadian tersebut, berikut ini saya sajikan beberapa trik dan tips yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan kinerja iDevices seperti semula/normal. Berikut ini tipsnya:

1. 'Bunuh' Aplikasi yang Berjalan

Ada saatnya Anda harus menutup 'paksa' aplikasi yang sedang dipakai karena tidak dapat diakses atau nge-hang.
Untuk melakukannya, Anda hanya perlu menekan tombol Home dua kali untuk memunculkan app switcher. Pilih aplikasi dan swipe aplikasi ke atas untuk 'membunuh' aplikasi tersebut.

Tutup secara rutin aplikasi Facebook atau Skype karena boros baterai dan data.

2. Restart iDevice 

Bila cara di atas tidak memecahkan perkara, Anda bisa me-restart perangkat iOS dengan menahan tombol On/Off beberapa saat hingga muncul slider.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menekan dan menahan tombol On/Off, lalu tekan dan tahan tombol Home. Tahan kedua tombol itu hingga layar mati dan kembali menyala memperlihatkan logo Apple.

3. Mengatur Aplikasi


Usahakan Anda tidak terlalu banyak mengunduh aplikasi yang memang tidak diperlukan atau jarang dipakai. Selain membuat memori internal perangkat iOS kamu 'sesak', adakalanya aplikasi-aplikasi tersebut memakan banyak RAM perangkat sehingga dapat membuat lemot.

4. Update Sistem Operasi

Sebisa mungkin untuk selalu meng-update sistem operasi iOS agar berbagai bugs dapat terhapus, sehingga aktivitas Anda dalam menggunakan perangkat tetap lancar.  

5. Restore Perangkat iOS

Hal ini merupakan cara terakhir yang harus kamu lakukan. Dengan menggunakan cara ini, perangkat iOS Anda akan kembali ke pengaturan pabrik. Karena itu, kamu harus meng-install seluruh aplikasi yang dulu pernah kamu unduh di App Store.


Post a Comment