6 Tips dan Trik Atasi Kejahatan Dunia Online

6 Tips dan Trik Atasi Kejahatan Dunia Online
Hampir sebagian aktivitas yang kita jalani dalam kehidupan sehari-hari, di awali dari hal dasar seperti berbelanja, chatting, bepergian dan sebagainya sudah dilakukan secara online. Semua itu tercatat dan tersimpan oleh layanan dan perusahaan yang berbeda.

Dari hal itu tak heran, jika sebelumnya ada beberapa orang yang masih memiliki rahasia, hal tersebut telah 'hilang' setelah segala aspek kehidupan masyarakat modern berubah menjadi online.


Masih sedikit pengguna internet di Indonesia yang peduli terhadap kebijakan privasi yang diberlakukan oleh layanan dan perusahaan.


"Oleh hal itu, kita harus mengetahui cara untuk melindungi data pribadi yang berharga"


Belakangan ini banyak pengguna internet yang merasa privasinya terenggut, kebocoran informasi, menjadi korban spionase, dan semacamnya. Tindak kejahatan ini menjadi alasan kuat mengapa privasi online harus menjadi perhatian.


Untuk mengatasi hal-hal yang tak diinginkan, ini ada 9 tips untuk melindungi data-data pribadi yang berharga.


1. Rutin melakukan pemeriksaan pada pengaturan keamanan akun Facebook Anda, dan jejaring sosial lainnya yang Anda gunakan.


2. Penting sekali untuk mengamankan email utama Anda, terutama yang terhubung ke layanan perbankan dan situs penting lainnya yang Anda miliki.


3. Berhati-hatilah ketika Anda mengunggah scan dan foto di online, terutama kartu identitas, tiket dan dokumen penagihan. Penjahat siber bisa menggunakan informasi ini untuk mengetahui kapan rumah Anda kosong dan melakukan perampokan, bahkan mencuri data-data pribadi Anda, seperti kredensial perbankan.


4. Jangan menggunakan jaringan WiFi terbuka tanpa terkunci. Itu mungkin terlihat aman, tetapi Anda tidak dapat tahu secara pasti. Untuk membuat jaringan yang persis/kloning, penjahat siber hanya memerlukan laptop dan adaptor Wi-Fi.


Dia benar-benar melakukannya untuk mencegat login dan password dari pengguna, yang ingin mencoba untuk terhubung ke internet melalui jaringan-jaringan palsu ini.


5. Hindari password yang tidak dapat diandalkan/singkat. Jika Anda menggunakan kombinasi yang lemah, yang terdiri dari huruf saja, maka akun Anda tidak terlindungi sama sekali.


6. Perhitungkan lagi saar menginstal/mendonwload perangkat lunak yang gratis, Anda akan ditawarkan untuk menginstal berbagai tambahan seperti plugin, toolbar dan ekstensi.


Dan jika Anda klik "Next" tanpa membaca teks dalam jendela instalasi, Anda secara otomatis menginstal seluruh paket baik itu aplikasi yang diperlukan dan yang tidak perlu. Aplikasi yang tidak diperlukan ini dapat mengubah halaman home atau pengaturan pencarian yang Anda Punya.


Itulah sedikit tips-tips yang bisa saya bagikan kepada Anda. Dengan adanya artikel ini tentu diharapkan Anda dapat menjaga data-data Anda sendiri, karena kejahatan bisa terjadi kapan saja. Waspadalah!!

Post a Comment