8 Tips Cerdik Memilih Hosting terbaik dan paling rekomendasi

Disini saya hanya sebagai penikmat, pemakai, akan tetapi bukan pengedar. Bisa dikatakan saya ini hanya try and error dalam memilih hosting atau provider hosting dan mengikuti perkembangan kamanan pada website atau server berdasarkan news yang lagi trend. Kenapa saya mengikuti ? ya karena ini merupakan hal yang sangat penting. Saya tidak mudah kena kibul oleh provider hosting yang katanya dilakukan update update dan update.

Saya sendiri sudah puluhan provider hosting yang sudah saya coba dari mulai hosting luar dan lokal. Banyak memeiliki support yang bagus banyak juga yang memiliki support yang jelek. Sudah servernya lemot jelek lagi. Nah kalau ini kita bisa apa ? yang kita lakukan PINDAH !!
Disini saya juga bermain monetize, saya juga menggunakan hosting dengan server lokal, USA, dan eropa. Semua saat ini sedang saya pakai dan alhamdulilah saat ini juga tidak ada masalah di hosting, karena memang pengalaman tidak akan pernah bohong. Beberapa faktor terpentih dari memilih hosting akan saya jabarin disini. 
1. JAUHI HOSTING UNLIMITED
Ya, jauhi kata hosting UNLIMTED. UNLIMTED is BULLSHIT. Kenapa saya katakan ini ? kita main logika saja disini, semua server memiliki keterbatasan, semua dari kemampuan juka memiliki batas. BENAR kan ? Jika kita memilih hosting yang UNLIMITED sama saja kita memilih hosting yang tanpa aturan. Apalagi UNLIMTED harganya MURAH ? WTH ??
Semua user dapat melakukan serba unlimited, menambah domain hingga unlimited, menambah file hingga unlimted ( DISK ). Disini lah masalahnya, kalau kita hanya memiliki 1-2 domain KENAPA KITA MILIH HOSTING UNLIMITED ? HOSTING TANPA ATURAN.
Jika memang kita memiliki sedikit domain ya sesuaikan saja paket hosting dengan jumlah domain yang kita miliki. Kalau suatu saat butuh ya lakukan upgrade. Jika memang kalian memilih hosting UNLIMITED ini, silahkan rasakan berapa lama ente akan bertahan. 3 bulan kah ? 1 bulan kah ? atau hanya 2 minggu ? Cuma numpang ketawa doang ane kalau gitu. 
2. Tanyakan RESOURCE yang akan kita dapat secara rinci 
Tanyakan ke provider seberapa besar resource yang akan diberikan ? Hal ini hanya dapat dilakukan dengan hosting yang menerapkan OS CloudLINUX. Cloudlinux memungkinkan si pihak server untuk melakukan limitasi resource terhadap user-usernya. Hal ini PENTING,Kenapa ? Bayangkan saja, disatu server ente hanya menggunakan resource yang sedikit pengunjung lain menggunakan resource yang besar karena plugin yang digunakan dan visitornya. Ya ente bakal kena akibatnya, mau ga mau ente yang udah menggunakan resource kecil, masih diambil juga sama user yang memiliki pengunjung besar.  
Cari tahu entry proses, Alokasi ramnya berapa pada hosting.  Jangan tergiur yang besar" harganya ga masuk akal/murah. Itu sama saja seperti UNLIMITED harga murah.
3. Jangan Tergiur HARAGA MURAH
Don't WASTE your TIME !! Tinggalkan saja harga yang ga masuk di akal. Jangan coba-coba, karena paling hanya 1-2 minggu ente bakal out dari provider itu ( pengalaman PRIBADI ). Misal kita sewa 1 tahun harga 3 $, baru 2 minggu down 5x, lemot lagi. Kalau udah seperti ini ente mau ngapain ? 
4. Cari Provider yang telah Terverifikasi ( ALAMAT, FANSPAGE FACEBOOK, FORUM-FORUM )
Jika menggunakan provider lokal cari yang telah terverifikasi dari alamat, fanspage, dan dari FORUM-FORUM. hal ini penting, jika mereka sudah terverifikasi mereka tidak akan kabur dari apa yang mereka janjikan. Kita bisa datang dari alamat mereka. jadi mereka bakal mikir-mikir ketika ingin nipu.
Cari hosting yang memang benar-benar aktif pada forum-forum. 
Ane berikan list beberapa provider lokal yang memang benar-benar sudah terverifikasi. 

  • DAISERVER
  • DOMOSQUARE
  • DHYHOST
  • IDCOLO
  • IDREG
  • INDONETMEDIA
  • JETDINO
  • MASTERWEB
  • QWORDS
  • RUMAHWEB
  • SOSYS
  • dsb

List diatas adalah beberapa list hosting indoneisa yang memang credible untuk dicoba. Jangan takut untuk mencoba !!

5. Cari Hosting yang selalu update, baik Keamanan dan KERNEL

Akhir-akhir ini juga ada permasalahan yang lagi gembar kalau ente mengikuti keamanan website, saat ini ada issue mengenai HTTPoxy. Silahkan periksa website ente. Jika belum minta update ke providernya, kalau masih belum update, ini dipertanyakan tentang "SELALU UPDATE".

Selain itu usahakan cari provider hosting yang menggunakan/menerapkan feature proteksi DDOS, baik menggunakan pihak ketiga yaitu BITNINJA atau menggunakan langsung dari data centernya yaitu distribusi network ( DDOS Protect MITIGATION ). Ini harganya mahal bro, Bitninja saja harganya hingga 200 USD, kalau DDOS Protect mitigation sesuai tingkatan bisa 10, 20, 30, 40, 50 hingga 500 gbps. Tetap saja harganya mahal. 10gbps saja harganya 50an USD setiap bulannya. 

Makannya usahakan cari provider yang ada feature ini. Biasanya ada di server USA. Ini sangat penting !!, bayangkan saja website ente down hingga 12 jam, ranking bakal terjun bebas tu. Ane yang ngalamin sendiri, 12 jam down, dari 200 RB alexa ke 500 Rb. menggunakan provider luar. 

6. Cari lokasi server yang cocok.

Cari lokasi yang cocok, jika memang visitor 100%, atau 99% berasal dari indonesia pilih indonesia. Kalau 90% indonesia dan 10% luar pilih USA/ singapore. Hal ini kenapa ? bandwidth indonesia keluar kecil, yaitu berksisar antara 20 - 50 mbps. Ini sangat sedikit jika digunakan oleh ratusan member indonesia. Jika ente menggunakan server USA bisa dikatakan server ke indonesia cepat dan server keluar juga cepat. Jadi lebih prefer ke Luar.

7. DISK

Ini yang paling sering salah kaprah. Kita selalu cari DISK yang besar. Untuk website itu ga terlalu besar bro untuk disk. Penggunaan secara personal saja dikasih disk 100 MB sudah turah-turah. Ane ada 1 website TOKO Online saja sudah lebih dari 6 bulan yang kepakai cuma 7 GB. ada lebih dari 400+ produk. Apalagi kalau cuma ente menggunakan untuk website pribadi, ya bakal sisa banyak lah. 

Kalau kata cak lontog : " MIKIR!! "

8. Backup OFF-SITE( berbeda server )

Yang ga kalah penting ya ini, backupnya. Backup offshore atau backup data di server lain merupakan hal yang sangat penting. Cari hosting yang memiliki backup minimal 1 minggu sekali atau setiap hari sekali. Kalau setiap hari lebih bagus hanya saja setiap minggu juga sudah bagus. Disatu sisi kita tetap melakukan backup sendiri secara rutin, hal ini meminimalisir data hilang jika provider tidak dapat mengembalikan. 

Selain itu cari provider yang benar-benar menggunakan RAID 1 atau RAID 10. Kenapa ? karena setiap data di lakukan miroring pada disk, hal ini sangat penting. Jangan mudah percaya sama provider yang menawarkan RAID 10. Ceck dulu ke mereka dan tanya. RAID 10 minimal menggunakan 4 hardisk !!, jika kita tanya ke provider menggunakan total hardisk berapa, semisal dia menjawab hanya 2 hardisk bisa dipastkan PROVIDER ITU BOHONG. Ingat jangan mudah percaya ke provider, cari yang benar-benar credible seperti diatas.


Kesimpulan

Tulis diatas semuanya adalah berdasarkan pengalaman pribadi yang sudah lebih dari 4 tahun menggeluti dunia hosting, monetize website, dan blog writing. Alhamdulilah dengan cara diatas sudah hampir 1 semester/6 bulan ini saya tidak beralih dari beberapa hosting lokal. 

Ane juga ada beberapa hosting luar, toh sama saja ga ada perbedaan yang signifikan, jika kita
 PINTER dan BISA memilih hosting lokal yang credible. Uptime juga sama 99,9 %. Bedanya juga simple, SUPPORTED menggunakan bahasa apa, Pembayaran menggunakan bahasa apa. 
Semua pilihan ada ditangan pemilih. Semoga ente bisa terbuka pikiran mengenai hosting dan selektif memilih hosting. 

pesan saya cuma satu : BE SMART BUYER


penulis: bangkotkota 

Post a Comment